Mata
Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : X
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam
ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Eksponen dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca
ekspresi dan hasil operasi aljabar dari
eksponen dan logaritma.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi aljabar eksponen
dan logaritma.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan
logaritma.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, aturan eksponen dan logaritma
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan eksponen dan
logaritma dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Mencari dan membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penggunaan aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait
dengan penggunaan aturan/ sifat
eksponen dan logaritma.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.1 Memilih dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik
permasalahan yang
akan diselesaikan
dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
|
||||||||
4.1 Menyajikan masalah
nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat
dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Menanya
Membuat pertanyaan
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian,
dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait
dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, dan penyelesaian persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah nyata yang terkait persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyelesaian persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata
yang sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata
yang sederhana.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak
dalam persamaan dan
pertidaksamaan serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah
nyata.
|
||||||||
4.2 Menerapkan konsep
nilai mutlak dalam
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam
memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat
model matematika berupa
persamaan dan
pertidaksamaan
linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Sistem Persamaan dan
Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
|
Mengamati
Membaca
mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian ekspresi sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan
dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian ekspresi sistem persamaan linier
dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan
himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model
matematika, serta penyelesaiannya dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai menentukan himpunan
penyelesaiannya sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem
persamaan linier dua
dan tiga variable
serta pertidaksamaan
linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai
strategi yang efektif dalam menentukan
himpunan penyelesaiannya serta
memeriksa kebenaran
jawabannya dalam pemecahan masalah
matematika.
|
||||||||
4.4 Menggunakan SPLDV, SPLTV dan
sistem pertidaksamaan
linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
4.5 Membuat
model matematika berupa
SPLDV, SPLTV,
dan SPtLDV
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan
dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian matriks, masalah nyata yang
dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyajian masalah nyata ke dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.4 Mendeskripsikan konsep matriks sebagai
representasi numeric dalam kaitannya dengan
konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
||||||||
4.6 Menyajikan model matematika dari suatu masalah
nyata yang berkitan
dengan matriks.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Relasi dan Fungsi
|
Mengamati
Membaca
pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, daerah hasil dari
berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengeksplorasikan
Menentukan daerah asal,
daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah
hasil, relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi
yang merupakan suatu fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian
relasi yang merupakan suatu fungsi
dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil
dari berbagai penyajian suatu relasi
dan fungsi.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai yang terkait daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil dari berbagai penyajian suatu
relasi dan fungsi.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.6 Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan,
dan daerah
hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan
dalam
berbagai bentuk (grafik,
himpunan pasangan
terurut, atau ekspresi
simbolik)
3.7 Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai
bentuk yang merupakan
fungsi.
|
||||||||
4. 7. Menerapkan
daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Barisan dan Deret
|
Mengamati
Membaca,
mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian dan perbedaan barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, perbedaan dan penerapannya
dalam penyelesaian
masalah sederhana yang terkait
dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Mencari dan membaca mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait
dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.8 Memprediksi pola barisan dan
deret aritmetika dan geometri atau
barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
|
||||||||
4.8 Menyajikan
hasil, menemukan
pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Fungsi
Kuadrat
|
Mengamati
Membaca
mengenai berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai cara mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat serta penyelesaiannya, dan menggambar
sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrati dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· membaca mengenai berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian yang terkait dengan mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.9 Mendeskripsikan berbagai
bentuk ekspresi yang dapat
diubah menjadi persamaan kuadrat.
3.10 Mendeskripsikan persamaan
dan
fungsi kuadrat, memilih strategi
dan menerapkan
untuk menyelesaikan persamaan
dan fungsi kuadrat
serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
3.11 Menganalisis fungsi dan
persamaan kuadrat
dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual.
3.12 Menganalisis grafik
fungsi dari data terkait
masalah nyata dan menentukan
model matematika berupa fungsi kuadrat.
|
||||||||
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan
konsep fungsi dan persamaan kuadrat
dalam menyelesaikan
masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan
dan tulisan.
4.10 Menyusun model matematika dari masalah yang
berkaitan
dengan persamaan
dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta
memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Menggambar
dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari
masalah nyata
berdasarkan
data
yang ditentukan
dan menafsirkan karakteristiknya.
4.12 Mengidentifikasi
hubungan fungsional kuadratik dari
fenomena sehari-hari
dan menafsirkan makna dari setiap
variabel yang digunakan.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Geometri
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati pengertian, gambar, dan peraga mengenai jarak antar titik,
garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut
antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis,
dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan
bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati, pengertian,
gambar, dan peraga mengenai jarak antar titik,
garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan
bidang.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut
antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.13 Memahami konsep
jarak dan sudut antar titik,
garis
dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat
peraga atau media lainnya.
|
||||||||
4.13 Menggunakan berbagai
prinsip bangun datar dan
ruang serta dalam menyelesaikan masalah
nyata berkaitan
dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan mengamati grafik fungsi trigonometri.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga
dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.15 Memahami konsep
perbandingan trigonometri
pada segitiga
siku-siku melalui penyelidikan
dan diskusi tentang hubungan perbandingan
sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.16 Menemukan sifat-sifat
dan hubungan antar
perbandingan
trigonometri dalam
segitiga siku-
siku.
3.17 Memahami dan
menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri
dari sudut di setiap
kuadran, memilih dan menerapkan
dalam
penyelesaian
masalah nyata
dan matematika
3.18 Memahami konsep
fungsi Trigonometri
dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai
fungsi
Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa
|
||||||||
4.14 Menerapkan
perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
4.15. Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Limit Fungsi
Aljabar
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar
melalui penerapan dalam konteks nyata,
mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan
sifat limit fungsi aljabar.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada limit fungsi aljabar, aturan, dan sifat limit fungsi aljabar,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan
dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit fungsi
aljabar dalam masalah nyata. dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
·
Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata, mengamati contoh
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
· Mengerjakan latihan soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam
masalah nyata.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai penggunaan aturan dan sifat limit fungsi
aljabar dalam masalah nyata.
|
2,5 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.18 Memahami konsep limit fungsi
aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan menerapkannya.
3.19 Merumuskan
aturan dan sifat limit fungsi
aljabar melalui pengamatan contoh-contoh.
|
||||||||
4.16 Memilih
strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang limit
fungsi aljabar.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Statistika
|
Mengamati
Mengamati
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada berbagai penyajian
data dalam bentuk atau diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan
lisan, tulisan, dan diagram.
|
Tugas
· Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan
cara membuatnya.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam
bentuk atau diagram/plot.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.20 Mendeskripsikan berbagai
penyajian data dalam
bentuk tabel atau
diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan
informasi dari suatu kumpulan
data melalui analisis perbandingan berbagai variasi
penyajian data.
3.21
Mendeskripsikan data dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
|
||||||||
4.17 Menyajikan
data nyata dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Peluang
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan
berbagai objek.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian peluang
suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek
dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh
dari percobaan berbagai objek.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian
yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.22 Mendeskripsikan konsep peluang suatu
kejadian menggunakan berbagai
objek nyata dalam
suatu percobaan
menggunakan frekuensi relatif.
|
||||||||
4.18 Menyajikan
hasil penerapan
konsep peluang untuk menjelaskan
berbagai objek nyata
melalui percobaan menggunakan
frekuensi relatif.
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar positif demi masukan perubahan kearah yang lebih baik.