SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SMP/MTS
Kelas
/ Semester : VIII
Kompetensi
Inti*
Kompetensi Inti 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi
Inti 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
Kompetensi
Inti 4 : Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
v Masalah 1 ( Satu )
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
080201 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
|
Operasi
aljabar: Persamaan linear dua variabel
|
MENGAMATI
§
Mengamati
gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
MENANYA
§
Guru memotivasi, mendorong kreatifitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami misal: bagaimana kebiasaan manusia membuat bahasa
menyingkat dan simbolik untuk memperjelas, mempermudah suatu komunikasi dsb
|
TUGAS
§
resume ttg pers
linear
OBSERVASI
§
teliti
§
disiplin
|
4 x 5
JP
|
Buku
teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
Ø hasil revisi 1 ( Satu )
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
080201 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
|
Operasi
aljabar: Persamaan linear dua variabel
|
MENGAMATI
§
Mengamati
gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
mengaplikasikan aljabar linier dalam kehidupan sehari hari.
|
TUGAS
§
resume ttg pers
linear
OBSERVASI
§
teliti
§
disiplin
|
4 x 5
JP
|
Buku
teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
Keterangan :
·
Pada masalah tidak di tunjukkan adanya
hubungan antara KD dan Materi Pokok dengan Pendekatan Pembelajaran yang di
gunakan sehingga tujuan KD tidak akan terwujud.
·
Pada hasil revisi terlihat hubungan
antara KD, Materi Pokok dan Pendekatan Pembelajaran saling berkaitan.
v Masalah 2 ( Dua )
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
080201 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
|
Operasi
aljabar: Persamaan linear dua variabel
|
MENGAMATI
§
Mengamati
gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
|
TUGAS
§
resume ttg pers
linear
|
4 x 5
JP
|
Buku
teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
Ø Hasil revisi ( Dua )
Menurut
pendapat kami materi ini tidak seharus nya di ajar kan kepada anak SMP kelas
VIII melainkan seharus nya di ajarkan di SMA tepatnya di kelas XI.
Alasannya
: hal ini di karenakan meteri tersebut tidak cocok dengan tingkat perkembangan
fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik kelas VIII,
selain itu materi tersebut juga membutuhkan pemahaman dan konsentrasi yang
efektif untuk memahaminya, sehingga lebih pantas di ajarkan di SMA kelas XI
v Masalah 3 ( Tiga )
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
080306 Memahami unsur, keliling, dan luas dari
lingkaran
080307 Memahami hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
|
Lingkaran
|
MENGAMATI
§
Mengamati
gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep
lingkaran
|
TUGAS
§
Merancang dan
melakukan percobaan menentukan nilai p
|
4 x 5 JP
|
Buku
teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
Ø Hasil revisi ( Tiga )
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
080306 Memahami unsur, keliling, dan luas dari
lingkaran
080307 Memahami hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
|
Lingkaran
|
MENGAMATI
§
Mengamati
gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep
lingkaran
|
TUGAS
§
Merancang dan
melakukan percobaan menentukan nilai p
|
3 x 5 JP
|
Buku
teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
Keterangan :
·
Pada masalah di tunjuk kan alokasi yang
menurut pendapat kami berlebihan, hal ini di tinjau dari materi nya sendiri
yakni Lingkaran pada dasarnya bukanlah sebuah materi yang sulit untuk di pahami
oleh siswa. Sehingga dengan menggunakan 3 x 5 JP saja sudah efektif dan
efisien.
·
Pada hasil di tunjuk kan 3 x 5 JP hal
ini di tujukan agar siswa tidak merasa bosan dengan materi yang ada selain itu
di harap kan pembelajaran akan lebih, efektif dan efisien tampa banyak membuang
– buang waktu. Karena waktu yang ada lebih baik di gunakan untuk membahas
materi yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar positif demi masukan perubahan kearah yang lebih baik.