Selasa, 16 Desember 2014

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII

Add caption

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII
KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SMP/MTS
Kelas / Semester          : VIII
Kompetensi Inti*                   
Kompetensi Inti 2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
  efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3       : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
  budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4       : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
  membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
v  Masalah 1 ( Satu )
Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Pendekatan  Pembelajaran****
Instrumen Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
080201 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan

Operasi aljabar: Persamaan linear dua variabel
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana kebiasaan manusia membuat bahasa menyingkat dan simbolik untuk memperjelas, mempermudah suatu komunikasi dsb

 

TUGAS

§  resume ttg pers linear

OBSERVASI
§  teliti
§  disiplin
4 x 5 JP
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan


Ø  hasil revisi 1 ( Satu )
Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Pendekatan  Pembelajaran****
Instrumen Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
080201 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan

Operasi aljabar: Persamaan linear dua variabel
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana mengaplikasikan aljabar linier dalam kehidupan sehari hari.

 

TUGAS

§  resume ttg pers linear

OBSERVASI
§  teliti
§  disiplin
4 x 5 JP
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan

Keterangan :
·         Pada masalah tidak di tunjukkan adanya hubungan antara KD dan Materi Pokok dengan Pendekatan Pembelajaran yang di gunakan sehingga tujuan KD tidak akan terwujud.
·         Pada hasil revisi terlihat hubungan antara KD, Materi Pokok dan Pendekatan Pembelajaran saling berkaitan.











v  Masalah 2 ( Dua )
Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Pendekatan  Pembelajaran****
Instrumen Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
080201 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana

080301 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan

Operasi aljabar: Persamaan linear dua variabel
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel

 

TUGAS

§  resume ttg pers linear


4 x 5 JP
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan

Ø  Hasil revisi ( Dua )
Menurut pendapat kami materi ini tidak seharus nya di ajar kan kepada anak SMP kelas VIII melainkan seharus nya di ajarkan di SMA tepatnya di kelas XI.
Alasannya : hal ini di karenakan meteri tersebut tidak cocok dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik kelas VIII, selain itu materi tersebut juga membutuhkan pemahaman dan konsentrasi yang efektif untuk memahaminya, sehingga lebih pantas di ajarkan di SMA kelas XI











v  Masalah 3 ( Tiga )
Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Pendekatan  Pembelajaran****
Instrumen Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
080306 Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
080307 Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

Lingkaran
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep lingkaran


TUGAS
§  Merancang dan melakukan percobaan menentukan nilai p

4 x 5 JP
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan


Ø  Hasil revisi ( Tiga )
Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Pendekatan  Pembelajaran****
Instrumen Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
080306 Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
080307 Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

Lingkaran
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep lingkaran


TUGAS
§  Merancang dan melakukan percobaan menentukan nilai p

3 x 5 JP
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan


Keterangan :
·         Pada masalah di tunjuk kan alokasi yang menurut pendapat kami berlebihan, hal ini di tinjau dari materi nya sendiri yakni Lingkaran pada dasarnya bukanlah sebuah materi yang sulit untuk di pahami oleh siswa. Sehingga dengan menggunakan 3 x 5 JP saja sudah efektif dan efisien.

·         Pada hasil di tunjuk kan 3 x 5 JP hal ini di tujukan agar siswa tidak merasa bosan dengan materi yang ada selain itu di harap kan pembelajaran akan lebih, efektif dan efisien tampa banyak membuang – buang waktu. Karena waktu yang ada lebih baik di gunakan untuk membahas materi yang lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar positif demi masukan perubahan kearah yang lebih baik.